'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Kader TB Care Aisyiyah Mempawah melaksanakan kegiatan Penyuluhan
09 Maret 2017 08:33 WIB | dibaca 1808

Gambar 1. Pembukaan Keigatan Penyuluhan TB oleh Kepala Desa

Aisyiyah Kabupaten Mempawah bersama kader TB yang telah mereka bentuk mulai melaksanakan kegiatan PENYULUHAN TB kepada masyarakat. Tahap pertama kegiatan penyuluhan telah dilaksanakan di Kecamatan Sadaniang pada 8 Maret 2017. Kegiatan difasilitasi oleh masyarakat sehingga dilaksanakan di gereja setempat. Kegiatan Penyuluhan langsung dibuka oleh Kepala Desa. 

Dalam sambutannya Kepala Desa menyampaikan bahwa penyuluhan yang mereka dapat dari Kader TB Care Aisyiyah  wajib diterapkan bersama-sama. Beliau juga menyampaikan jika masyarakat menemukan keluarga atau anggota masyarakat lain yang memiliki ciri-ciri penderita TB, maka wajib ditolong. Masyarakat harus menganjurkan anggota masyarakat yang memiliki ciri-ciri penderita TB untuk memeriksakan diri ke Puskesmas atau menghubungi kader TB setempat.

Gambar 2. Ibu Sumarni, SKM. Kasi Penangguangan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Mempawah

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Seksi Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Mempawah, Ibu Sumarni, SKM. Beliau menyampaikan bahwa Dinas Kesehatan sangat mendukung kegiatan penyuluhan ini. Kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang TB yang rendah menjadi salah satu penghambat eridikasi TB di Mempawah. Pengetahuan dan kesadaran yang rendah juga berujung pada stigmatisasi penderita TB, sehingga mereka dikucilkan dan malu. Pada akhirnya anggota masyarakat yang lain juga takut jika harus mengobati penyakit TB nya.

    

Gambar 3. Situasi Penyuluhan TB di Kecamatan Sadaniang

 

Gambar 4. Masyarakat yang Menghadiri Penyuluhan TB di Kecamatan Sadaniang

 

Gambar 5. Pembagian Doorprize untuk Peserta yang Dapat Menjawab Pertanyaan

*AKMS TB Care Aisyiyah Kalbar

Shared Post: