'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Spirit Surah An Nahl: 97 untuk Community TB Care 'Aisyiyah Kalimantan Barat
03 Mei 2017 14:22 WIB | dibaca 1012
 
Penguatan organisasi telah dilakukan kepada tim SR dan SSR TB Care Kalimantan Barat oleh Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah, dalam hal ini, Sekretaris PWA Kalimantan Barat, Bunda Elyza Arif, S.Hut. Penguatan tersebut merupakan bagian dari kegiatan Supervisi Principal Recepint TB care 'Aisyiyah untuk Kuartal 5 di Kalimantan Barat. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 29 April 2017 di Ruang Pertemuan Universitas Muhammadiyah Pontianak.
 
Pada penguatan tersebut, Sekretaris PWA Kalimantan Barat mengingatkan bahwa setiap kegiatan 'Aisyiyah selalu didasari spirit "Ikhlas". Spirit tersebut seperti tertuang pada Q.S an Nahl ayat 97, 
"Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan."
 
Sekretaris PWA Kalimantan Barat melanjutkan bahwa kita perlu meniru Nyai Walidah, istri KH. Ahmad Dahlan, selaku pendiri 'Aisyiyah hampir 1 abad yang lalu. Meskipun sebagai pendiri beliau tidak serta merta menetapkan diri sebagai ketua 'Aisyiyah pertama, akan tetapi beliau justru mengikhlaskan kepemimpinan kepada Siti Bariyah.
 
Community TB Care ‘Aisyiyah merupakan program penanggulangan Tuberkulosis (TB) berbasis masyarakat yang merupakan bagian dari program Majelis Kesehatan ‘Aisyiyah di bawah pembinaan Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah. Program tersebut merupakan bentuk pengabdian 'Aisyiyah kepada masyarakat Indonesia.
 
Melalui Program Penanggulangan TB ini ‘Aisyiyah berupaya berperan serta dalam pembangunan kesehatan di Indonesia dan pencapaian target Sustainable Development Goals (SDGs) no 6 yakni penurunan angka penyebaran penyakit menular. Keterlibatan 'Aisyiyah dalam program penanggulangan TB guna membantu masyarakat keluar dari jeratan penyakit TB.
 
Sebagai amanat Muktamar dan Tanwir ‘Aisyiyah, upaya penanggulangan TB ini dilakukan baik di daerah yang mendapatkan dukungan dari donor maupun secara mandiri. ‘Aisyiyah Wilayah Kalimantan Barat merupakan salah satu wilayah yang dipercaya menjadi SubRecipient (SR) untuk tahun 2017 yang memiliki tugas meningkatkan peran serta masyarakat dalam  menyuluh, menemukan  suspect, mendampingi pengobatan pasien TB dengan strategi DOTS (Directly Observed Treatment Shortcourse chemotheraphy = Pengobatan Jangka Pendek dengan Pengawasan Langsung), mengadakan pelatihan kepada masyarakat seperti  pelatihan  kader TB,  tokoh  agama,  tenaga  kesehatan  dan pemerintah  dan  sebagainya. 
 
Sekretaris PWA Kalimantan Barat berharap seluruh tim SR dan SSR Kalimantan Barat mampu menjaga keikhlasan dan menyebarluaskan kebaikan 'Aisyiyah di masyarakat.
 
*AKMS SR Kalimantan Barat
Shared Post: